Rp 373 Juta Beli Harley Davidson Road King Classic

Menyukai motorHarley Davidson (HD) sejak kelas satu SMA, Ryan Madya Nandasyah mengaku baru memiliki tunggangan motor tersebut tahun 2004. Tak tanggung-tanggung, oleh ayahnya dia dibelikan motor Harley jenis Road King Classic, harga dipasaran saat itu Rp 373 juta.

“Telat banget ya baru punya motor tahun 2004, padahal dari tahun 1996 sudah suka Harley. Tapi waktu itu baru sebatas hobi kumpulin merchandise nya saja, “ujar Ryan saat ditemui Rabu sore (28/10).

HD Road King Classic dibeli oangtua Ryan di daerah Mabua Jakarta Selatan langsung dari dealer resmi Harley Davidson Indonesia. Kebetulan ayahnya juga gemar dengan motor besar tersebut, tak ayal karena hobi yang sama membuat mereka kompak untuk urusan motor

Saat ini di rumahnya ada tiga jenis motor HD, Ryan memiliki dua motor dan satu milik ayahnya. Jenis Road King Classic, Road King Custom dan Sportfter tipe Nightfter terparkir rapi di garasi.

Ryan menjelaskan, perbedaan motor Harley Road King Classic dan Custom terletak pada box sampingya. Jenis Custom, box terbuat dari bahan fiberglass ukuran besar, sedangkan tipe Classic berukuran lebih kecil.

Kapasitas silinder Harley tipe Classic 1600 cc sedangkan Custom hanya 1500 cc. Tipe Classic juga bisa ditingkatkan levelnya hingga level empat, dengan kata lain, kapasitas silinder bisa ditambah hingga mencapai 2000 cc, setara dengan mobil.

“Kalau tipe Sportfter bodynya jauh lebih ramping, lebih enak ga pakai box. Biasanya sih kalau jalan- jalan di sekitar kota lebih suka pake yang itu, “kata suami dari Ajeng Ariani ini.

Pria yang juga berprofesi sebagai Disc Jockey (DJ) ini mengaku, dua hari sekali menyempatkan waktu berkeliling kota mengendarai Harley miliknya. Kesibukannya bekerja sebagai PNS dan DJ membuatnya jarang touring.

“Hitung-hitung ngobatin rasa kangen juga sih, ga bisa setiap waktu touring dengan anggota klub Harley lainnya. Sekalian panasin motor, karena saya ga sempat setiap hari panasinnya, “lanjut Ryan.

Ryan menjelaskan, merawat motor Harley hampir serupa merawat kendaraan roda empat. Meski motor tidak dikendarai selama beberapa hari, cukup memanaskan mesinnya saja

“Idealnya sih untuk jenis Harley, panasin motor dibawa jalan sebentar di sekitar rumah. Sah -sah saja bila ada orang yang panasin  motor di garasi, tutur Ryan.

Ryan menambahkan, banyak orang menganggap motor besar saat dikendarai berat dan stang nya susah dikendalikan. Justru motor Harley Davidson dalam posisi mesin hidup, ringan saat dikendarai di jalan.

“Kalau mesin posisinya mati memang, repot untuk di parkir, kedua kaki harus digerakkan lebih lincah. Ada istilah body dancing untuk motor Harley, makanya pas di jalan saat mau manuver jadi enteng, “imbuhnya lagi.

Motor Harley Davidson termasuk kendaraaan roda dua yang safety, karena dilengkapi engine guard di bagian bawah mesin. Fungsi dari engine guard sebagai pelindung mesin jika saat berkendara tiba- tiba pengemudi jatuh dari motor.

Ryan mengatakan, meskipun jatuh dari motor apalagi dengan kecepatan tinggi, mesin tetap hidup dan 80 % body motor tidak hancur. Apabila pengemudi kehilangan keseimbangan dan coba menahan laju kendaraan dengan menahan enggunakan kaki justru lebih berbahaya, bisa menyebabkan kaki patah. (tin)

Biofile
Nama : Ryan Madya Nandasyah
Nick name : Phuture89
Ttl      : Teluk Betung, 14 Januari  1981
Alamat : Jl. Mawar, Rawalaut, Bandar Lampung
Hobi : membuat musik dan mendengarkan musik, naik motor
Istri : Ajeng Ariani
Anak : Shafina Raihanna Nandasyah
Pendidikan : SD Negeri 2 Teladan Bandar Lampung
SMP Negeri 5, Bandar Lampung
SMA Negeri 2, Bandar Lampung
Sarjana Hukum Unila
Motto : Harus jujur walaupun pahit, lebih baik dibenci tapi tahu apa yang dilakukan itu                                        benar
Motor
1. Harley Davidson Sportfter (2008)
Jenis : Nightfter
Mesin : 1200 cc
2. Harley Davidson Road King Custom (1999)
Mesin : 1500 cc
3. Harley Davidson Road King Classic (2004)
Mesin : 1600 cc

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: