Sampai Akhir Hayat

25 tahun bergabung di Rotary Club Bandar Lampung (RCBL) menyimpan kenangan mendalam bagi Onggo Wijaya. Mempunyai banyak teman di seluruh penjuru Indonesia dan terlibat dalam kegiatan sosial membuatnya bertahan di organisasi tersebut.

“Sampai akhir hayat tetap akan menjadi anggota Rotary Club, sayang kalau saya memutuskan untuk keluar. Program -program dari organisasi ini sangat menyentuh masyarakat, karena memang fokusnya bergerak di bidang sosial, “tutur Onggo.

Onggo mengaku, saat pertama kali bergabung di Rotary Club, dirinya sama sekali tidak tertarik, itupun karena diajak seorang temanya. Justru yang membuatnya tertarik dan memutuskan menyelami organisasi tersebut saat terpilih sebagai presiden Rotary Club Bandar Lampung tahun 1987.

“Saat menjadi presiden, baru saya mendalami seluk beluk Rotary, mulai dari memimpin organisasi sampai program yang akan dijalankan. Itupun harus kursus singkat selama dua hari untuk mengetahui tugas dan fungsi sebagai presiden, “jelas Onggo.

Suami dariVonny Ismudiati ini mengatakan, anggota Rotary tidak akan bisa menjadi presiden apabila tidak mengikuti kursus sebagai persyaratan utama. Justru dengan mengikuti kursus, Onggo memahami tugas dan fungsi dan bagaimana membuat program yang benar-benar bisa menyentuh dan menolong masyarakat.

Pria yang juga berprofesi sebagai dokter ini menjelaskan, sebelum Rotary Club Bandar Lampung resmi berdiri, Profesional Club adalah embrionya, dimulai tahun 1982. Baru pada 14 Januari 1984, disponsori oleh Rotary Club Palembang, resmi terbentuk RCBL.

Salah satu tokoh pendiri RCBL ini menambahkan, saat RCBL resmi berdiri, Adam Malik menyempatkan diri untuk datang, karena termasuk salah satu anggota Rotary Club di Jakarta. RCBL sendiri resmi diakui di Rotary Club International yang berpusat di Amerika Serikat sebagai anggota resmi, yang ditandai dengan sertifikat Charter Presentation.

Dikalangan anggota RCBL, Onggo termasuk sesepuh yang tetap rutin mengikuti program sosial yang diselenggarakan. Usia 75 tahun tidak menghalangi niatnya berpartisipasi dalam setiap kegiatan mulai dari pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat tidak mampu, pendidikan sampai pelestarian lingkungan hidup.

“Profesi dari setiap anggota berbeda-beda, justru itulah bisa saling mengisi satu sama lain. Skill yang dimiliki bisa diaplikasikan dalam setiap program kegiatan yang diselenggarakan, “kata Onggo yang tahun depan akan genap 50 tahun bertugas sebagai dokter.

Onggo menambahkan, anggota yang bergabung memang sukses dalam karir dari pekerjaan yang dijalankan dan memang tokoh yang dikenal. Keahlian yang dimiliki “ditularkan” ke masyarakat karena memang mengerti apa yang benar-benar dibutuhkan masyarakat dimana mereka tinggal. (tin)

Biofile
Nama: dr onggo Wijaya
TTL : Semarang, 9 Oktober 1934
Profesi : dokter
Istri : Vonny Ismudiarti
Alamat : Jl Jendral Sudirman No. 67, Rawalaut, Bandar Lampung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: