Kebanggaan dan Kepuasaan Dalam Hidup

Bisa keliling kota-kota di Indonesia melakukan demo masak sejak tahun 1997 sampai 2003 menjadi pengalaman berkesan bagi Yunnatan Wijaya. Kesempatan itu bisa didapat karena Yunna, biasa dia dipanggil terpilih sebagai duta sebuah produk panci dan juga memiliki keahlian memasak.

Tercatat kota-kota di pulau Sumatera, Jawa, Bali dan beberapa di Sulawesi dan Kalimantan disinggahi. Kesempatan itu dimanfaatkan Yunna untukvmempelajari makanan khas setiap daerah di Indonesia yang diakuinya memiliki cita rasa khas.

25 tahun bergelut dalam dunia kuliner yang memang dimulai dari sebuah hobi memasak,  usaha catering, membuat Yunna memutuskan membuka restoran. Membuka restoran adalah sebuah cita-cita yang dia impikan sejak awal karir profesional sebagai juru masak.

“Sebuah kepuasan tersendiri bisa membuka restoran setelah bergelut lama dalam dunia kuliner. Seorang yang memang hobi memasak kalau tidak mempunyai tempat atau membuka usaha yang berkaitan dengan makanan kurang mantap, “ujar Yunna seraya tersenyum.

Hobi memasak Yunna dimulai saat duduk di bangku SD, sebagai anak pertama, Ibunya “memaksa” dia untuk bisa memasak. Ibu tiga anak ini  mengaku, meskipun saat itu masih berusia belia, dirinya tidak merasa tertekan harus bisa memasak.

Yunna mulai mengikuti kursus memasak sejak SMP untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan memasak. Bahkan selepas lulus SMA tahun 1984, dia mengikuti kursus tingkat profesional di Nilasari Jakarta, sebuah kursus masak terkenal.

Berkat kursus memasak yang sering diikutinya, Yunna memiliki kemampuan membuat kue ulang tahun, pernikahan sampai aneka makanan catering. “Dunia kuliner selalu berkembang setiap saat, tidak akan pernah berhenti di satu titik, “jelasnya.

Istri dari Johan Wijaya ini mengaku sampai sekarang pun masih tetap mempelajari aneka jenis makanan baik dari dalam dan luar negeri. Kursus industri bakery di Taiwan pernah diikutinya tahun 2004 demi meningkatkan kemampuannya sebagai juru masak.

Saat ini usaha Yunna di bidang kuliner adalah Graha Patimura Hall & Resto dan catering. Meskipun begitu, dia tetap menjalankan kewajibannya sebagai seorang istri dan ibu rumah tangga memasak di rumah

“Hobi ini sudah menjadi bagian hidup saya selama puluhan tahun, dan tidak akan pernah berhenti untuk memasak dan selalu belajar. Bisa memiliki restoran, usaha catering adalah sebuah kebanggaan dan kepuasan dalam hidup, “ungkap Yunna. (tin)

Biofile
Nama : Yunnatan Wijaya
Ttl : Tanjungkarang 11 November 1963
Alamat : Perum Kedamaian Indah Bandar Lampung
Suami : Johan Wijaya
Anak : Henry Wijaya
Kiki Wijaya
Oktaviolentina Wijaya
Pekerjaan : pemilik Garaha patimura Hall & Resto dan Yunna Catering
Hobi : memasak, olahraga, membaca, Travelling

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: